Jumat, 06 September 2013

BEBERAPA TIP UNTUK MENGHORMATI DAN DIHORMATI ORANG LAIN


BEBERAPA TIP MENGHORMATI ORANG LAIN
1.       Assalaamu'alaikum Warahmatullohi Wabarokaatuh
2.       Hamdan wa syukron lillah.
3.       Wash-sholaatu wassalaamu ‘ala Muhammad Rosulillah
4.       Wa-‘ala  alihi washohbihi wama walaah
5.       Hadirin yang berbahagia. Apa kabar ? Semoga kita selalu penuh cinta kasih dan ridlo Alloh. Amin
6.       Saudara saudaraku…..tercinta
7.       Kita manusia adalah mahluk social. Mahluk yang harus mengenali orang lain dan bekerja sama dengan orang lain . Tak seorangpun dapat hidup sendiri tanpa keterlibatan orang lain
8.       Maka ,kalau ingin sukses di dunia, haruslah pandai mengambil simpati orang lain agar mau mendukung terwujudnya keinginan kita.
9.       Hadirin yang mulia. Banyak  cara mengambil simpati orang lain , antara lain dengan menghormati keberadaan dan hak orang lain.
10.   Berikut ini ada beberapa tip  cara menghormati orang lain . Mari kita praktekkan !
(1)    Tersenyum manis dengan seseorang, agar dia lega dan merasa terhormat
(2)    Ucapkan salam penghormatan , misal assalaamu'alaikum warahmatullohi wabarokaatuh . Bisa juga selamat pagi ? Hai, apa kabar ?
(3)    Kalau diajak bicara oleh seseorang, kita dengarkan dengan seksama. Hadapkan wajah kita padanya. Jangan palingkan wajah kita. Jangan pula kita sibuk sendiri di hadapannya. Usahakan kita tidak memotong pembicaraan. Jika terpaksa harus menyela, kita minta ijin dulu.
(4)    Kalau dipanggil seseorang, segera kita menyahut dan mendekat. Katakan padanya, oke , ada yang bisa saya bantu ? Atau, wow, aku senang sekali dipanggil olehmu. Ada perlu apa ?
(5)    Kalau ada orang memberi salam, segera jawab. Ingat memberi salam itu sunah, tetapi menjawab salam itu wajib. Jangan lewatkan, jangan terlambat, jangan ogah-ogahan
(6)    Bicaralah dengan santun, suara lembut , wajah berseri, dan sikap yang elegan. Jangan kekanak-kanakan atau urakan.
(7)    Hormatilah perbedaan sikap atau pendapat orang lain, walau mungkin kita tidak suka. Jangan memaksakan pendapat. Juga jangan mengejek pendapat orang lain, walau mungkin pendapat itu salah, keliru atau kurang tepat.
(8)    Segera kita berikan pujian atau ucapkan terima kasih atas peran, jasa, keterlibatan atau usaha orang lain.
(9)    Tepatilah janji atau undangan seawal mungkin. Jika terlambat atau lupa, segera kita memohon maaf dan klarifikasi.
(10) Jangan ungkap masa lalu atau hal-hal yang membuat seseorang menjadi malu, tersinggung atau marah.
(11) Jika kita diberi kebaikan atau penghormatan , balaslah dengan yang lebih baik. Begitu pesan Alloh dalam quran surat An-Nisa’ : 86
 




Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya,
atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)

(12) Untuk mengakhiri pembicaraan atau pertemuan, katakan : terima kasih anda telah meluangkan waktu bersahabat dan bekerja sama dengan kami. Semoga makin banyak manfaat dan menjadi kenangan terindah. Anda adalah sahabat terbaik yang pernah kumiliki.

11.  Hadirin. Demikianlah beberapa tip menghormati orang lain. Semoga kita dapat melaksanakan untuk kesuksesan kita bersama. Amin
12.   Wassalaamu'alaikum Warahmatullohi Wabarokaatuh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar