Kamis, 16 Mei 2013

USAHA PKPRI KABUPATEN BANJARNEGARA JATENG MAU DIBAWA KEMANA ?

PKPRI Kabupaten Banjarnegara sebagai salah satu pilar pembangunan ekonomi Banjarnegara sekarang mempunyai anggota KOperasi Peagawai negeri sebanyak 70 dan anggota pereorangan hampir 10.000.            Tiga tahun terakhir ( 2009-2012) usahanya bergantung pada Minimarket kerjasama dengan alfamart. Usaha yang lain seperti Usaha Simpan Pinjam, perumahan, LPK Bunga Bangsa, Warnet, SPBE< Air Minum Dalam Kemasdan ( AMDK) belum sukses, sebagian bahkan sudah dihentikan.

Akankah PKPRI Kabupaten Banjarnegara terus mengandalkan minimarket ? Sementara di sepanjang jalan raya Sigaluh - Susukan sudah bertebaran minimarket. Bahkan di pelosok kecamatan-kecamatan sudah tumbuh minimarket. Suatu saat usaha ini akan jenuh dan menurun pendapatannya.

Jika PKPRI Banjarnegara hanya menggantungkan usaha nafasnya pada minimarket, maka PKPRI akan stagnan, bahkan menurun asetnya, pendapatannya, kredibiliotasnya.

Sebenernya PKPRI Banjarnegara harus berani ambil terobosan dahsyat dalam berbagai usaha ekonomi baru. Pemanfaatan lahan sekitar kantor PKPRI bisa untuk hotel, rumah kos atau kontrakan, usaha kuliner ( semacam saung bu mansur), bengkel, Lembaga PAUD dan lain-lain.

Gedung lantai atas kantor PKPRI juga dapat direbnovasi untuk persewaan rapat, penataran, perlombaan, hajatan . Bisa juga untuk usaha klinik kesehatan, salon kecantikan, bimbingan belajar dan lain-lain.

Semua usaha membuka peluang usaha baru perlu didukung program kerja yang jelas, terget yang fokus, semangat dan kemahiran pengurus dan pengawas serta kemampuan pengurus PKPRI untuk loby-loby dengan mitra kerja, pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat, ormas, tokoh politik, partai politik dan DPRD.

Sudah saatnya pengurus, pengawas, karyawan dan penasehat PKPRI Banjarnegara merapatkan barisan, menyatukan hati , pikiran dan langkah serta peningkatan dedikasi terhadap gerak laju usaha PKPRI yang makin berat tantangan dan persaingannya.

Pengurus, pengawas, karyawan dan penasehat PKPRI harus berani meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mengurus PKPRI. Jangan terlalu sibuk banyak mengurus kegiatan lain di luar PKPRI.

 Sehebat apapun manusia, jika terlalu banyak menyanggupi amanah ikut berbagai organisasi dan usaha-usaha sampingan, maka tidak akan fokus mengelola PKPRI. Sulit diharapkan adanya prestasi gemilang dari manusia-manusia pinter profesional tetapi banyak samben. Jelas hati, pikiran dan langkah akan terbelah. Banyak amanah ygang  terabaikan.

Pengurus , pengawas dan penasehat PKPRI periode 2012-2015 sudah menandatangani PAKTA INTEGRITAS untuk meningkatkan loyalitas, kemampuan, perhatian dan perjuangan membesarkan PKPRI. Mereka orang-orang alim yang sangat faham ajaran agama Islam. Tentu mereka selalu ingat firman Alloh surat Al-anfal ( Wahai orang-orang yang beriman ! Janganlah kau mengkhianati Alloh dan Rasul. Dan jangan mengkhianati amanat amanat yang dipercayakan kepadamu). Penghayatran terhadap ayat suci itu akan mendorong pengurus, pengawas, penasehat dan karyawan PKPRI totalitas mengurus Koperasi. Sehingga ke depan bisa tumbuh secerah harapan bahwa PKPRI Banjarnegara akan lebih baik daripada tahun tahun sebelumnya..
Kehebatan PKPRI era sekarang akan terlihat dari :
1. tertibnya Laporan triwulan, kecepatan dan ketepatan layanan, 
2. kejelasan peningkatan prosentasi capaian kinerja,
3. banyaknya kunjungan kerja ke KPRI - KPRI untuk silaturahmidan pembinaan
4. teratasinya piutang macet secara signifikan
5. terjualnya seluruh sisa kapling dengan tuntas ( tanpa meninggalkan masalah adminiostrasi )
6. kembalinya seluruh modal yg tercecer untuk SPBE
7. peningkatan laba usaha minimarket
8. tumbuhnya usaha usaha baru
9. RAP dan RAT tepat waktu yang sukses tanpacacat tanpa ralat
10. Lahirnya banyak generasi muda yang handal yang siap meneruskan estafet kepemimpinan PKPRI
11.Mesaranya hubungan kerja dengan pejabat pemerintah, instansi pemerintah terkait ( terutama dinas perindagkop dan UKM ) , mitra kerja dan tokoh tokoh politik
12. Munculnya website , blog, facebook dan layanan online.
13. Laporan pengawas yang makin canggih, cermat, akurat dan benar benar hasil kerja pengawas ( bukan copy paste dari laporan pengurus )..

Jika semua itu belum bisa diraih, maka para anggota PKPRI, masyarakat luas, pejabat pemkab boleh dong bertanya : ada apa dengan PKPRI ? Mau kemanakanah sebenarnya gerak perjalanan PKPRI ?
Mari para pecinta gerakan koperasi bersatu padu membantu menyumbang pemikiran, tenaga, waktu, informasi dan lain lain untuk memajukan PKPRI Banjarnegara. Usul, saran, kritik, bantuan, pertolongan terbuka luas selama 24 jam . Insya Alloh seluruh pengurus, pengawas, penasehat, dan karyawan PKPRI Banjarnegara akan menerima dengan senang hati.
SELAMAT BERJUANG SAUDARA-SAUDARAKU 
PENGURUS, PENGAWAS, PENASEHAT DAN KARYAWAN PKPRI BANJARNEGARA
SEMOGA ALLOH SELALU MERAHMATI PADUKA SEMUA
SEHINGGA SUKSES LAHIR BATIN DUNIA AKHERAT
AMIN

( SALAM HANGAT DAN DOA TULUS 
DARI MANTAN PENGURUS PKPRI : PURWOSETIPONO )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar